Sampaikanlah pada ibuku Aku pulang terlambat waktu Ku akan menaklukkan malam Dengan jalan pikiranku... Sampaikanlah pada bapakku Aku mencari jalan atas Semua keresahan-keresahan ini Kegelisahan manusia... Berbagi waktu dengan alam Kau akan tahu siapa dirimu yg sebenarnya Hakikat manusia...

Rabu, 01 Agustus 2012

Pulau Pari Nan Indah

Pulau Pari tampak dari atas

Namanya Pulau Pari. Pulau Pari adalah salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang tidak terlalu luas dan jarang penduduk. Ini menjadi tempat yang pas untuk berlibur sekaligus belajar.

Perjalanan bisa dimulai dari berbagai tempat seperti Tangerang maupun Jakarta, misalnya dari Kali Adem menggunakan kapal feri atau kerapu untuk melewati lautan luas. Hanya kurang lebih satu jam kita bisa sampai ke Pulau Pari karena masih berada di Kepulauan Seribu Selatan.]

Pelabuhan Muara Angke - kali Adem

Pelabuhan Muara Angke- kali adem biasaya mengoperasika kerapu ( speed boatkapal penumpang) sebanyak 2 kali dalam 1 hari. Pagi pada pukul 08.00 WIB dan siang pada pukul 12.30  WIB. untuk menaiki kerapu, sebaiknya kita datang jauh lebih awal dari jadwal keberangkatan sehingga kita tidak ketinggalan kerapu. (pengalaman saya tertinggal oleh kerapu) setelah datang pun sebaiknya kita langsung menganti dengan cara menaruh tas di depan loket pembelian karcis. setelah loket dibuka barulah kita mengantri. harga tiket untuk meyebrang ke pulau pari seharga Rp.25.800,- per orang.

perjalanan menuju pulau pari ditempuh sekitar 1 jam perjalanan. untuk yang mabuk laut saya himbau untuk membawa kantung plastik, karena perjalanan akan membuat sedikit mabuk karena kecepatan dari speed boat yang akan membuat guncangan - guncangan.

air yang dibelah oleh speedboat

Kebiruan, kerindangan pohon serta hamparan angin yang berhembus menyambut kita ketika menginjakan kaki pertama kali didermaga tengah pulau ini. Ada dua tempat untuk membuka tenda sambil berlibur maupun belajar, yaitu di Pantai Pasir Perawan di sebelah timur yang memiliki ketenangan dan keindahan alamnya,
dan Kantor LIPI di sebelah barat tempat belajar atau melakukan penelitian tentang keanekaragaman bawah laut terutama terumbu karang.

Pantai Pasir Perawan

LIPI

Setibanya gw di dermaga pulau pari, gw dan yang lainnya langsung menuju ke timur lokasi Pantai Pasir Perawan. selama perjalanan, kesejukan dan keramahan warga penduduk pulau pari menyambut kedatangn kita semua.

sebelum  tiba di pantai pasir perawan kita akan disambut dengan gerbang / pintu untuk menuju pantai pasir perawan.

gerbang menuju pantai pasir perawan

saat memasuki kawasan pantai, kita akan dihadapkan oleh birunya air laut, dan pasir putih yang indah.
dilokasi pantai terdapat beberapa fasilitas yang menunjang, seperti warung, toilet umum, lapangan voli serta sampan yang akan disewakan oleh para pengunjung.

setelah cukup beristirahat sejenak, gw yang lainnya segera membangun tenda untuk tempat penginapan dan beristirahat.

senjapun telah berganti  malam. kini hanya ada kita ber 8 orang yang masih berada di tempat itu, kesunyian malam, gemericik ombak membuat suasanya terasa tenang mengingat kesibukan yang terjadi di kota. kita pun tak mau kehilangan suasanya malam yang indah. segera kita membuat api unggun kecil sekedar untuk menjadi penerang obrolan malam ini.

api unggun yang menjadi penerangan

malampun terasakian larut, dan kita pun memutuskan untuk masuk kedalam tenda untuk beristirahat, keesokan pagi nya setelah sarapan, gw dan yang lainnya bermain main dengan sekelompok akamsi (anak kampung situ) seharian kami menghabiskan waktu bermain di pantai, mencari ikan, mencari bintang laut dan bermain sampan. kali ini kami tidak meyewa sampan, karena dipinjamkan oleh salah satu warga yang kami kenal.

ini oknum yang buat kami ngga inget sama hari:

madun / firman

lupa nama

bolang

dimas

tak terasa sudah 5 hari gw dan yang lainnya dipulau pari, hari-hari kita selama di pulau pari hanya bermain dan bermain, menghilangkan sejenak kepenatan kota jakarta,..
sampai tiba akhirnya hari memanggil kami untuk kembali pulang ke kota, bertemu kembali dengang suasana hingar bingar kota jakarta...